Beranda » TRANTIB » Pengamanan Kunjungan Gubernur Jalan Tol Bpp-Smd

Jumat, 15 September 2017 - 18:48:55 WITA
Pengamanan Kunjungan Gubernur Jalan Tol Bpp-Smd
Diposting oleh : Operator Website ( RUDY )
Kategori: TRANTIB - Dibaca: 42 kali

BALIKPAPAN - Jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,02 kilometer dipastikan akan rampung dan bisa dioperasikan pada 2018. Kepastian itu ditegaskan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak usai rapat terbatas di Mahakam Room 1 Hotel Royal Suite Balikpapan, Senin (11/9).

 

Menurut Awang, hingga saat ini progres pembangunan fisik jalan tol yàng menghubungkan dua kota dan melintasi satu kabupaten itu mencapai 68 persen. "Jalan tol kita tidak ada masalah. Mulai malam ini semuanya sudah clean and clear. Jadi saya minta jangan ada polemik lagi. Target 2018 itu sudah beroperasi," katanya. 

 

Hal tersebut bisa terwujud lanjut Awang, berkat kerjasama yang baik antar lembaga dan pemerintah seperti BPN, Walikota, Kejaksaan, TNI dan Polri. Walaupun ada anggapan di beberapa seksi pengerjaan jalan tol masih bermasalah namun itu bisa diselesaikan melalui instansi terkait termasuk pemerintah daerah setempat. 

 

Misalnya, Balikpapan ada verifikasi berkas hanya masalah administrasi dan penanganan lahan melalui konsinyasi di pengadilan sesuai tata aturan perundang-undangan. Selain itu, ada tuntutan pembayaran ganti rugi tanam tumbuh akan difasilitasi tetapi nilainya tidak sebesar tuntutan. Sebab, tanam tumbuh di kawasan konservasi atau hutan lindung tidak diperbolehkan sehingga tidak ada dasar pemerintah melakukan ganti rugi. 

 

"Kalau ada yang keberatan silahkan menempuh jalur hukum. Pemerintah akan diwakili pengacara negara. Pemkot Balikpapan akan diwakili Kejari Balikpapan," jelas Awang. Gubernur meminta semua pihak bisa memahami tata aturan yang berlaku dan tidak mudah terpancing pada polemik jalan tol yang tidak jelas permasalahannya. 

 

Sementara itu Kepala Dinas PUPR dan Pera Kaltim Taufik Fauzi mengungkapkan jalan tol pada Mei tahun depan untuk fungsional sudah selesai. "Untuk fungsi jalan tol ditarget 2018 pada November. Tetapi Mei sudah bisa dilewati di seksi KM.13-Samboja.  Namun kami bersama PT. Jasa Marga untuk Balikpapan ke Samarinda optimis Desember selesai," ujarnya. 

 

Hadir dalam rapat terbatas, pihak pelaksana proyek PT. Wijaya Karya,  PT. Adhi Karya, PT. Hutama Karya, PT. Waskita Karya, PT. Bangun Cipta Kontraktor, Pemkot Balikpapan, Kejari Balikpapan dan BPN. 

 

Sebelum rapat terbatas, gubernur didampingi Danrem 091 ASN Brigjen TNI Irham Waroihan dan Kapolresta Samarinda serta Kepala PUPR dan Pera Kaltim Taufik Fauzi dan Kepala Dinas Kehutanan Kaltim Wahyu Widhi Heranata melakukan peninjauan pembangunan jalan tol pada semua seksi. Ikut pula pihak pelaksana proyek (kontraktor) dan Bina Marga serta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) serta pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim. (Rudy.S/Humas_Satpol_Kaltim)



0 Komentar :






BIDANG UMUM (19)
KEBAKARAN (3)
KOTA/KABUPATEN (2)
LINMAS (5)
PPHD (4)
TRANTIB (23)


























/ /


Oktober, 2017
MSSR KJS
1234567
891011121314
15161718192021
2223 2425262728
293031    





047656

Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 9989

Hits hari ini : 40
Total Hits : 47656

Pengunjung Online: 1





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera

Lihat Hasil Poling







Nama :
Email :
Pesan